HK Cassette 003
 
DJIWO - Cakra Bhirawa (Cassette Version)
 

TRACK LIST :

01 Cakra Bhirawa 06:48
02 Adam 03:16
03 Asmam 05:45
04 Aystam 05:04
05 Ardum 06:38
06 Anuhtiam 07:55

originally First released By Persetan Records (2014).

TERSEDIA SEKARANG DALAM FORMAT

Kaset/Tape : IDR. 25.000
(Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim)

* WORLDWIDE ORDER NOW WE ONLY ACCEPT PAYPAL *
(For Futher Information and Order)
hitamkelamrecords@gmail.com







 



 

REVIEWS / TESTIMONIES / QUOTE
 

Terima kasih untuk salah satu rekan kami yg berada di Sukoharjo, Jawa Tengah yaitu THE TRVE MERCH atas kiriman CD Mini Album DJIWO “Cakra Bhirawa” , yg diperuntukkan untuk kepentingan promo di IRS Network Indonesia. Insya Allah, dengan segala hal yg kami miliki dan juga keterbatasan yg ada, kami akan mencoba untuk memberikan review terhadap Mini Album DJIWO juga akan mem promo air play kan di IRS RADIO STREAMING.

Jujur, berbicara tentang DJIWO, adalah hal baru bagi kami yg berkutat di IRS Network. Ditambah dengan secara tiba-tiba nya The Trve Merch mengirimkan paket CD nya ke markas kami, membuat kami diawal bertanya-tanya, “CD apa ini? Band apa dan berasal dari mana???” Namun kami sllu bertindak cepat utk segera mencari data yg ada di semua jejaring sosial. Kami explore tentang keberadaan DJIWO ini. Namun memamg kami rasakan masih ada nya keterbatasan informasi yg kami dapatkan dari sana. Satu hal yg masih kami rasakan saat ini adalah kesan Misterius tentang satu band ini. Artinya bahwa apa yg mereka informasikan tentang DJIWO di FP mereka, terkesan memang menjauhkan dari kesan exploritas dunia ini. Dari sisi konsep musik yg mereka usung hingga penyampaian narasi tentang lagu-lagu mereka dalam EP ini juga masih dipenuhi tanda tanya bagi kami. Dan ketika kami mulai menguak isi dari EP tersebut, terutama dari lagu-lagu nya, kami mencoba memberikan satu hal yg masih diberi garis bawah bahwa DJIWO adalah salah satu band yang mengusung sub-genre Black Metal. Itu hanya dasar saja yg kami berikan, karena selanjutnya akan bnyak hal yg kami dapatkan lagi dari karya-karya mereka dalam EP “Cakra Bhirawa”

Tentang Black Metal sendiri bagi kami merupakan satu sub-genre yg sering pula kami dengar. Meski intensitas nya tdk sebanyak dari sub-sub yg lain, kami tetap selalu respect trhadap sub-genre yg satu ini.

Oke metalhead, mari kita mulai untuk menguak Album Angker dalam kemisteriusan ini. Namun sebelumnya kami mohon maaf bila ulasan ini terkesan sangat jauh dan berbeda dengan kenyataan yg ada khususnya dari apa yg kalian review sendiri. Karena kami mengulas bukan meletakkan diri sebagai PENGAMAT MUSIK, melainkan sebagai PENIKMAT MUSIK. Karena kami tidak memiliki perbendaharaan kata dan kalimat yang mewah, njelimet atau sebangsa nya yg biasa dipergunakan pengamat musik negri ini. Kami hanya memiliki telinga untuk mendengar, otak untuk menyerap dan tangan untuk menuangkan isi. Segala perbedaan dlm penilaian adalah wajar, yg harus sama adalah bagaimana mengangkat dan mensupport band² bertalenta agar mereka dapat terus eksis dan berkarya dlm scene yg kita cintai ini.

REVIEW

DJIWO memberikan aura yg penuh ke-Angkeran dalam seluruh balutan Cover EP “Cakra Bhirawa” Bagi kami secara jujur merasakan sulit untuk mennyampaikan dengan kata-kata tentang bagaimana sebenarnya cover EP tersebut. Tampilan utama cover memberikan kesan artistik tanpa menghilangkan arti dari Angker yg kami sebutkan diatas. Dua tangan tanpa badan yg mana tangan kanan siap menghujamkan sebilah pedang pendek ke satu kepala tengkorak yg berada di tangan kiri. Art tersebut terbalut dalam lingkaran akar tajam yg masing-masing sudut membentuk 8 sudut tajam. Background hitam menjadi pelengkap bagaimana kesan sederhana namun angker tersebut makin terasakan.

Beranjak kebagian belakang inlay cover, tertulis judul lagu-lagu yang ada dalam EP tersebut, termasuk mereka-mereka yang berada dibelakang pembuatan EP “Cakra Bhirawa”. Dari komposisi musisi yg ada didalam DJIWO, kami pun mengambil kesimpulan bahwa ini merupakan One Man Project yg hanya melibatkan sedikit orang dalam penggarapannya.

Bergeser kedalam inlay cover, kesan Angker makin ditambah dengan kesan Misterius. Ya, mungkin bagi kalangan metalhead akan bingung dengan arti dari isi inlay cover “Cakra Bhirawa” ini, termasuk kami smile emotikon , tapi kami coba untuk mengartikan sesuai dengan keterbatasan kami. Ya, bisa dibilang DJIWO ini adalah musisi yg mengedepankan aura tempo dulu dalam mengexplorasi musik mereka baik itu dlm penyampaian lewat gambar juga lagu. Dari kalimat² yang tertulis serta artwork yg termuat, memberikan kesan ajaran jaman dimasa Jawa kuno, jaman yg sarat dengan segi kebaikan untuk semua orang. Dengan menggunakan kata-kata seperti, YAMARAJA… YAMARANI, YASILAPA… dan lain sebagainya.

Dibalik kearifan yg tertuang, kesan angker mulai menyelimuti ketika diberikan artwork yg kami sendiri blum bisa mengungkap kannya secara tertulis. Mulai dari pernak pernik tengkorak tulang belulang, kunci kuno, kembang dan segala hal lainnya hingga sosok-sosok bertangan empat berwajah seram yg membuat keseluruhan cover ini dipenuhi dengan tingkat ANGKER dan MISTERIUS yg cukup tinggi. Apalagi ditambah dengan goresan background warna yg bermain di hitam putih, kami rasa menjadi salah satu cover serta inlay yg sangat baik di saat ini. Wow, kami rasa hanya ini gambaran yg dapat kami berikan tentang isi inlay cover dari DJIWO EP “Cakra Bhirawa” ini, dan kami yakin sebenarnya cover serta isinya memberikan arti yg masih luas, dan nantinya kami serahkan kepada rekan Metalhead bila telah memiliki CD EP nya.

SONG

DJIWO mempersembahkan 6 track yg menghadirkan aura Black Metal yg berbeda. Dimana tingkat aransemen dan musikalitas mereka terasa kental dalam beberapa karakteristik yg mereka miliki. Selain tentu saja pernak pernik musik mistis akan terasa juga dibeberapa track mereka.

CAKRA BHIRAWA
Ini merupakan track single mereka yg digarap pada bulan Mei 2013. Kalian akan diberikan intro petikan gitar yg langsung terasa mistis nya. Intro yg tanpa disadari tdk akan tersangkut pada bar apa pun, terdengar menarik ditelinga kami. Dilanjut dengan tempo yg down, dengan pemilihan efek gitar ringan namun terdengar mendalam ketika dipadu dengan instrument lainnya. Nah, disinilah ketika tingakat tempo dari track ini banyak dimainkan di nada rendah serta mengayun lambat. Meski begitu, DJIWO tetap memberikan kekuatan karakter lagu pada tempo middle speed saat vocal mulai melafaskan lirik yg makna nya sungguh arif bijaksan. Untuk mengetahui makna nya silahkan kalian sambil membaca lirik yg ada di inlay cover nya smile emotikon Disinilah kami mengatakan bahwa DJIWO mencoba menyampaikan suatu makna kebaikan dari masa lalu yg kiranya saat ini sdh ditenggelamkan oleh manusia. DJIWO mencoba menyampaikan dalam lirik bahasa yg memang perlu ditelisik lebih dalam, namun sangat ramah dan ringan utk dinikmati dalam aransemen musik nya. Tidak membuat pendengar menghabiskan tenanga dalam menikmati lagunya, namun tetap berakar pada musik black metal yg mereka bawakan.

ADAM
Track kedua dimulai dengan gempuran full musik yg benang merahnya tetap mengakar pada track Cakra Bhirawa. Konsep tempo tetap pada middle speed dengan corak pekikan vocal yg terdengar cukup jelas ditelinga kita. Untuk lirik nya sendiri ternyata ada pada inlay cover yg awalnya kami mengira bahwa lagu ini tdk ikut disematkan liriknya grin emotikon , dan ternyata kami salah, DJIWO menyertakan liriknya dgn berbahasa inggris pada inlay meski goresan tulisan akan sdikit sulit kalian baca. Singkat lagu ini di bawakan mereka, namun kami rasakan melekat dgn jelas bahwa DJIWO memiliki kekentalan pada Doom Metal di lagu ini.

ASMAM
Tempo speed langsung diberikan pada lagu berikutnya, ASMAM. Tetap tanpa menghilangkan karakter dari 2 track sebelumnya, DJIWO memberikan konsep middle to down ketika berada di bar-bar penghujung lagu. Pekikan vocalis masih dpt kalian dengarkan dengan jelas meski klian mencoba utk mengikutinya klian harus membuka lembar ketiga inlay cover dan cobalah utk membacanya, beberapa teks bisa klian dapatkan disana diantara beberapa teks yg samar wink emotikon

AYSTAM
Track yg satu ini menjadi salah satu track yg benar-benar drop down utk didengarkan. Dengan karakter pemberian riff gitar yg tetap mengacu pada lagu2 sebelumnya, DJIWO mencoba untuk mengajak kita lebih mendalami makna dari lagu ini. Keseluruhan lagu menjadi aura yg mistis namun asik utk diikuti. Pemberian sentuhan lead gitar tipis namun ckup panjang menjadi salah satu nyawa dlm track ini. Utk lirik bisa klian dapatkan dilembar keempat inlay cover.

ARDUM
Kembali pada middle to speed layaknya track ketiga mereka diatas. DJIWO mencoba mengembalikan aura semangat kita dengan tempo yg sedikit lebih cepat. Vocalis tetap berada di garis nya sebagai salah satu kekuatan dlm lagu ini. Nah, utk mengikuti lagu track ini, apakah benar liriknya adalah yg berada di lembar ke enam inlay cover…??? Masih misterius bagi kami squint emotikon

ANUHTIAM
Track penutup yg penuh dengan aura mistik, namun sesungguhnya track ini lebih menggambarkan pada kekuatan pembacaan lafas-lafas bahasa jawa kun0, bisa dilihat pada lirik inlay cover lembar terakhir. Sapuan gitar dgn efek yg tdk memberatkan namun terasa track ini sangat berat adalah di efek vocal nya. Hingga lagu ini berakhir, masih diperkuat pada sound gitar yg creeping serta vocal yg mistis, angker dan misterius…

CONCLUSION

Wow…!!! Selepas mendengar track ANUHTIAM, kami merasakan hawa lega disertai napas yg kembali normal. Apakah memang terlalu seriusnya kami menyelami track terakhir tersebut…??? Tidak, bisa jadi ini dikarenakan karakter DJIWO pada EP ini tidak pernah terputus dan pada akhirnya memberikan klimaks secara down di track terakhir. Kebanyakan pada album atau EP yg lain, klimaks atau puncak lagu ada pada track terakhir, tapi tdk pada EP DJIWO “Cakra Bhirawa”, ini telah kami buktikan langsung.

DJIWO pada EP ini mencoba mengajak kita untuk lebih mengeksplorasi dunia mistis dan masa lalu yg sebenarnya kita miliki masing-masing. Entah dirasakan atau tidak, tapi ini dapat menjadi wacana baru pada musik Black Metal negri ini bahwa DJIWO memiliki kemampuan untuk menjelajahi lebih dalam musik metal yg telah menjadi akar dalam setiap band. Entah itu black metal, death metal, gothic metal, Djiwo telah membuktikan untuk memberanikan diri bermain dengan tempo middle down, middle speed serta creeping gitar bahkan solo lead vocal yg memberikan nuansa baru dalam melakukan eksperimen-eksperimen lebih dalam dengan musik keras yg kita jalani.

Berbagai hal yang menarik dan tentu saja positif telah kami dapatkan dalam EP “Cakra Bhirawa” Djiwo ini. Dan telinga kami sekali lagi telah ditambah dengan perbendaharaan karakter musik yg diusung DJIWO asal Surakarta ini yang seluruhnya UNIK, MISTIK namun berkarakter kuat untuk kategori sub-genre Black Metal Indonesia.

Demikianlah ulasan kami tentang EP DJIWO “Cakra Bhirawa” yg kami rangkum secara sederhana, singkat dan disetting langsung kepada telinga kami, semoga ini menjadi awal bagi kalian metalhead indonesia untuk semakin penasaran untuk mendengarkan semua isi EP tersebut, so kami me-REKOMENDASI-kan EP “Cakra Bhirawa” ini untuk kalian miliki. Segera dapatkan di Distro-distro dikota kalian.

Sekali lagi mohon maaf atas segala kekurangan kami…

Max Point 9.2

Source : http://music.irsradio.net/Album-detail/djiwo-cakra-bhirawa-album/



 

JANGAN LUPA BERBELANJA LEBIH MUDAH RIBUAN METAL STUFF & MERCHANDISE SECARA ONLINE DI HITAM KELAM
HITAM KELAM STORE ON TOKOPEDIA | HITAM KELAM STORE ON BUKALAPAK


2015 HITAM KELAM Records & Online Merchandise Store
Webmaster By Herry SIC @LOSTINCHAOS Mediazine
Best viewed without Internet Explorer, in 1280 x 960 Resolution or Higher

 
HITAM KELAM RECORDS & ONLINE MERCHANDISE STORE